Minggu, 09 Mei 2010

4. Teori Evolusi dan Biologi


Entah siapa yang mengatakan teori evolusi adalah dasar biologi, tapi yang jelas adalah teori evolusi adalah teori ilmiah, dibahas dalam salah satu cabang biologi, yakni biologi evolusioner.

Pembuktikan kebenaran teori evolusi didukung oleh berbagai cabang ilmu lain, termasuk paleontologi, biokimia, genetika dan biologi molekuler. Teori evolusi sama dengan teori-teori ilmiah lainnya, dikembangkan dan diuji dengan metode ilmiah. Teori evolusi adalah satu-satunya teori ilmiah yang bisa menjelaskan asal mula keanekaragaman makhluk hidup. Tidak ada cabang sains manapun sejauh ini yang menentang teori evolusi!

Dan hubungan utama teori evolusi tentu saja dengan ilmu biologi, bukan dengan bidang sains lain. Karena teori evolusi dibahas dalam biologi evolusioner, dan biologi evolusioner adalah cabang ilmu biologi.

'Evolusi hanya sebuah hipotesa' adalah klaim klasik dari kreasionis, termasuk Harun Yahya. Kenyataannya, secara ilmiah, evolusi adalah sebuah teori dan fakta. Dalam sains, fakta adalah hasil pengamatan yang telah diverifikasi, dan evolusi memenuhi kriteria tersebut. Evolusi didifinisikan sebgai proses perubahan genetika yang terpantau terjadi di suatu populasi dari waktu ke waktu. Peubahan komposisi genetika ini sudah terpantau dalam pengujian di laboratorium, misal untuk lalat buah maupun bakteri.

Apa yang terjadi jika teori evolusi dihilangkan dari jajaran sains? Tidak ada masalah 'serius', kecuali bahwa kita sama sekali kehilangan jawaban ilmiah atas pertanyaan mengenai asal-usul keanekaragaman makhluk hidup. Lubang itu tidak akan pernah bisa ditutupi oleh 'teori' kreasi, yang tak lebih dari sekedar opini berdasar iman dan kepercayaan.

4 komentar:

  1. Bagus juga karangan anda di atas? Coba deh kasih referensi tentang cabang-cabang ilmu yang mendukung teori evolusi. Biar lebih mantap gitu loh ... bukan sekedar opini

    BalasHapus
  2. Bagaimana kalau dibalik,berikan referensi cabang-cabang sains yang benar-benar membantah teori evolusi. Biologi, paleontologi, arkeologi, bahkan genetika,mana yang bantah teori evolusi? Cuma HY yang mengklaim demikian :)

    BalasHapus
  3. Tidak menjawab PERTANYAAN TUTUT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda baca bahasan no 1 dalam 'tidak runtuhnya teori evolusi...', mestinya pertanyaan anda sudah terjawab. teori evolusi didukung oleh paleontologi, arkeologi, atau biologi molekuler misalnya.

      Balik lagi, cabang sains mana yang membantah teori evolusi?

      Hapus