Senin, 10 Mei 2010

5. Perbedaan Ras Manusia


Harun Yahya mengatakan ada sebagian evolusionis yang mengajukan keberagaman ras sebagai bukti evolusi. Namun sayangnya, ia tak mengutip dan menunjukkan sumber yang ia maksud. Siapa gerangan evolusionis yang ia maksud?

Jika kisah penciptaan benar adanya, maka seluruh data genetika manusia hanya berasal dari dua orang, yakni Adam dan Hawa. Dan berarti data genetis itu diturunkan dari data genetis dua orang ini. Tapi tunggu! Dikisahkan Hawa adalah hasil 'kloning' dari rusuk Adam, maka semestinya Hawa memiliki data genetis yang sama dengan Adam. Dengan kata lain, keturunan mereka mestinya memiliki data genetis yang sama! Jika ayah dan ibu memiliki data genetis yang sama, sejauh mana variasi bisa muncul? Dan mengapa Tuhan tidak mengulang proses penciptaan seperti penciptaan Adam, tapi malah meng'kloning' dari rusuk Adam?

Dan Harun Yahya, bisakah ia menjelaskan secara ilmiah, bagaimana ras-ras itu bisa muncul dan sifat apa saja yang diwarisi masing-masing ras? Apa warna kulit Adam dan Hawa? Apa warna rambutnya? Apa warna matanya? Apa golongan darah dan RHnya? Apakah rambut mereka lurus atau ikal? Bisakah ia menjelaskannya?

Mengenai gen mata yang dijadikan contoh, nampak bahwa Harun Yahya terlalu menyederhanakan kasus. Kenyataannya warna mata tidak sesederhana itu. Warna mata bervariasi, dari cokelat (warna dominan) hingga hijau (warna paling langka), dan warna ini dipengaruhi lebih dari 1 gen.

Penelitian menunjukkan awalnya moyang kita memiliki mata cokelat. Menurut Hans Eiberg (Department of Cellular and Molecular Medicine, University of Copenhagen), individu dengan mata biru diperkirakan baru muncul sekitar 6 hingga 10 ribu tahun silam, di timur dekat, dekat Laut Hitam.

Jika benar semua sifat genetis manusia saat ini diwariskan dari Adam dan Hawa, bagaimana dengan penyakit bawaan dan cacat genetis? Apakah salah satu dari Adam dan Hawa membawa gen buta warna? Obesitas? Hipertensi? Atau cacat genetis lainnya?

Eye color

2 komentar:

  1. kan ada mutasi yg mempengaruhi keturunan gen2 berikutnya... kenapa anda abaikan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu? menerima mutasi berarti menerima adanya evolusi, karena mutasi akan mengubah gene pool manusia.

      Hapus