Selasa, 25 Mei 2010

10. Kehidupan Berasal Dari Luar Angkasa


Untuk kesekian kalinya, teori evolusi tak pernah bicara tentang asal-usul kehidupan, apalagi menyebutnya peristiwa kebetulan. Dan bagaimana keidupan terbentuk bukanlah bahasan teori evolusi. Jadi, amat aneh jika Harun Yahya terus mengungkit dan mengatakan 'teori evolusi mengatakan kehidupan terbentuk secara kebetulan'.

Apakah bahan dasar kehidupan ada di luar angkasa? menurut hasil penelitian ilmuwan NASA, bahan kimia organis yang memegang peran kursial dalam kimia kehidupan itu banyak terdapat di angkasa. Penelitian terhadap meteorit, khususnya meteorit Murchison, menunjukkan kandungan asam amino umum seperti glisina, alanina dan asam glutamik. Dan simulasi tumbukan menunjukkan molekul organis bisa selamat dari tumbukan dan menjadi benih kehidupan di bumi.

Big bang sendiri bukanlah suatu ledakan. Big bang adalah pengembangan ruang-waktu. Dan penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur berat tidak terbentuk sejak awal alam semesta, namun terbentuk melalui proses supernova.

Dan klaim bahwa tidak pernah ditemukan peradaban di luar angkasa selain bumi, adalah hal yang lebih konyol lagi. Teknologi kita saat ini amat terbatas. Jangan kata menemukan peradaban, meneliti exoplanet (planet di luar sistem tata surya kita) pun kita masih kesulitan. Dan kita bahkan belum pernah mengirim wahana apapun ke bintang terdekat. Terlalu dini mengklaim bahwa tidak ada peradaban di luar sana!

Sementara Harun Yahya tidak pernah memberikan bukti ilmiah dari 'rancangan cerdas', apa yang dilakukannya hanyalah berusaha menjatuhkan teori dan pandangan lain, seakan dengan demikian teori dan pandangannya otomatis menjadi benar. Padahal tidak ada satu bidang sains pun yang akan mendukung 'kehidupan kompleks muncul secara langsung dalam wujudnya saat ini'.

Pranala:
Wikipedia - Meteorit Murchison
PAHNs in Space
Comets could have seeded life on Earth
Supernova

2 komentar:

  1. Mestinya kalo anda ingin membantah fakta-fakta yang disodorkan harun yahya, juga menunjukkan bukti-bukti empiris. Kok saya lihat opini anda hanya sekedar asal bukan harun yahya

    BalasHapus
  2. Bukankah satu fakta sudah kusodorkan, bagaimana Harun Yahya mencampuradukkan dua teori ilmiah yang berbeda, teori evolusi (asal keanekaragaman makhluk hidup) dan teori abiogenesis (asal mula kehidupan)?

    Dan apa yang kutulis adalah berdasar perkembangan sains, aku juga menyertakan link sumber yang kukutip agar yang baca bisa melakukan crosscheck.

    BalasHapus