Rabu, 20 April 2011

17. Metamorfosis dan Evolusi


Kreasionis mengklaim bahwa metamorfosis sama sekali tak berkaitan dengan proses evolusi. Sebaliknya, mereka mengklaim bahwa metamorfosis adalah bukti penciptaan, bahwa metamorfosis merupakan proses rumit yang hanya dimungkinkan oleh penciptaan. Menurut mereka, proses itu tak mungkin terjadi melalui proses 'kebetulan', kata-kata favorit kreasionis.

Ini adalah salah satu perbedaan khas antara evolusionis dan kreasionis. Saat kreasionis melihat suatu proses yang kompleks dan sulit dijelaskan, mereka akan mengatakan itu suatu keajaiban yang tak mungkin dijelaskan secara ilmiah. Sebaliknya, para evolusionis memandangnya sebagai suatu masalah yang bisa dipecahkan, meski akan memakan waktu amat lama sekalipun. Bahwa metamorfosis adalah masalah yang belum sepenuhnya dipecahkan tidak lantas menjadikan metamorfosis sebagai proses yang melibatkan intervensi supranatural atau proses penciptaan langsung.

Berkembangnya metamorfosis bukanlah satu proses yang semustahil klaim kreasionis, dan sama sekali bukan proses yang diklaim kreasionis sebagai proses kebetulan yang tak disengaja. Ini adlah proses yang terjadi bertahap, berdasar hukum alam seperti proses biologi dan kimia, serta genetika, dan bisa diuji.

Metamorfosis sendiri amat beragam, tidak semua makhluk bermetamorfosis secara sempurna. Kecoak, salah satu serangga tertua, hanya mengalami metamorfosis tak sempurna,versi belum dewasa relatif mirip dengan versi dewasamereka. Karena tidak ada faktor/tekanan untuk berubah, kecoak tetap mengalami proses seperti ini dan mewariskan hal tersebut pada generasi berikut.



Pranala
Does Butterfly Metamorphosis Disprove Evolution?
Science Daily - Researchers Say Hormones Are Key To Evolution Of Insect Metamorphosis

9 komentar:

  1. memang metamorfosis bisa dijelaskan secara ilmiah (sebagian), tapi yang jelas metamorfosis bukanlah proses evolusi, karena kaidah evolusi sangat bertentangan sekali dengan metamorfosis.. metamorfosis bisa dijelaskan secara ilmiah, dan ilmiah itu adalah proses penciptaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nope, metamorfosi tak bertentangan dengan evolusi.
      Dan penciptaan tidak ilmiah.
      Atau, anda bisa buktikan penciptaan dengan metode ilmiah?
      Atau, sebenarnya anda bahkan gak ngerti apa itu 'ilmiah' dan 'metode ilmiah'?

      Hapus
  2. Anda mungkin tidak mengerti atau tutup mata maksud dari HY, atau sengaja memisahkan Teori Evolusi dan Teri Abiogenesis agar kelemahan Teori Evolusi tertutupi?. pertanyaan akan timbul, bagaimana terbentuknya mahluk yang beraneka ragam ini jika tidak ada mahluk awalnya? jadi menurut Teori Evolusi mahluk pertama itu seperti apa?, bagaimana terbentuknya?, bukan hanya membicarakan mahluk yang sudah ada lalu berevolusi jadi ini dan itu...

    bukankah aneh jika kita selalu membahas perubahan suatu mahluk tetapi tidak mau membahas dari/bagaimana awal terbentuknya mahluk itu pertama kali?

    jangan lari dari inti pertanyaan, dan pertanyaan seperti bisa saja muncul dari kalangan saintis, dan seorang saintis juga harus menjawabnya dengan sportif, bukan mengalihkan/ mengkambing hitamkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah crossposting, namanya saja teori asal keanekaragamn makhluk hidup, kenapa emsti bahas asal kehidupan? Teori evolusi bukan theory of everything. Masing-masing teori ada batasan lingkup bahasan.

      Hapus
  3. Metamorfosis adalah proses perkembangan yang dilakukan oleh beberapa makhkuk hidup. Metamorfosis biasanya terjadi pada serangga. Mereka yang tak begitu memahami biologi, serta mereka yang mendukung teori evolusi, kadang-kadang mencoba menggambarkan proses itu sebagai bukti evolusi. Sumber-sumber yang menyatakan metamorfosis sebagai "contoh evolusi" adalah omong kosong. Hal ini merupakan hasil propaganda dangkal dan sempit, yang bertujuan menyesatkan mereka yang kurang paham tentang perihal ini, pendukung evolusi yang masih baru, serta guru-guru biologi Darwinis yang tidak benar-benar tahu masalahnya.Metamorfosis merupakan proses yang sudah direncanakan, dan tidak ada kaitannya dengan mutasi ataupun faktor kebetulan. Metamorfosis tidaklah disebabkan oleh kebetulan. Penyebab proses ini adalah data genetis yang sudah menjadi bagian terpadu makhluk tersebut sejak lahir.Penelitian ilmiah terakhir tentang metamorfosis telah menunjukkan bahwa peristiwa metamorfosis adalah proses rumit yang dikendalikan oleh beberapa gen yang berlainan.Yang terjadi dalam peristiwa metamorfosis adalah irreducible complexity (kerumitan tak tersederhanakan).Proses metamorfosis terjadi melalui keseimbangan dan pewaktuan hormon yang sangat teliti, yang dipengaruhi oleh beragam gen. Kesalahan terkecil sekali pun akan mengakibatkan kematian makhluk hidup tersebut. Oleh sebab itu, tidak mungkin proses serumit ini dapat terjadi secara kebetulan dan bertahap. Karena kesalahan sekecil apa pun akan mengakibatkan kematian hewan tersebut. Sehingga mustahil menjelaskan peristiwa ini dengan mekanisme "trial and error" (coba-coba) atau seleksi alam, seperti pendapat evolusionis. Tidak ada satu pun makhluk yang dapat bertahan berjuta-juta tahun, untuk menunggu bagian tubuh yang diperlukannya muncul secara kebetulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang yang bilang metamorfosis adalah contoh evolusi siapa? metamorfosis dan evolusi adalah dua proses berbeda.

      Dan maaf, kaset soak 'begitu rumit, ebgitu kompleks, gak mungkin kebetulan dst' gak usah diputar lagi, sudah bosan dengarnya, dan sama sekali gak menjelaskan apapun. Cuma usaha mengajukan jawaban gaib untuk menggantikan penjelasan ilmiah.

      Hapus
  4. PERNYATAAN AWAL ANDA MENYATAKAN:
    ...Nope, metamorfosi tak bertentangan dengan evolusi....

    ANDA MENYATAKAN SBB:
    ... Emang yang bilang metamorfosis adalah contoh evolusi siapa? metamorfosis dan evolusi adalah dua proses berbeda....

    PERNYATAAN YG KONTRADIKSI!!!!
    PERCUMA BUAT BLOG KALAU SETIAP PERNYATAAN GA NYAMBUNG....GA ILMIAH!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang kontradiksi siapa?
      Anda cuma mengajukan propaganda kreasionis.
      Saat dibilang evolusionis tak bilang begitu, anda malah mencak-mencak gak jelas? Apa artikel di atas ada bilang metamorfosis adalah contoh proses evolusi? Atau otak anda tak cukup berkembang untuk paham informasi sederhana? :)

      Hapus
  5. Sebaliknya, para evolusionis memandangnya sebagai suatu masalah yang bisa dipecahkan, meski akan memakan waktu amat lama sekalipun?????

    WAKTU YG AMA LAMA SEKALIPUN ????
    KAPAN MAS BS DIPECAHKAN MASALAHNYA????
    PEMAIN TUKANG PROPAGANDA TERNYATA ANDA JG BS JADI CALEG YG BISANYA BIKIN JANJI YG BLM TAU KPN DIPECAHKAN....GA ILMIAH ITU NAMANYA!!!!
    KL ILMIAH BERARTI BS DIBUKTIKAN!!!KL TUKANG PROPAGANDA SEPERTI ANDA SAJA GA BS MEMASTIKAN KAPAN GMN BS MEYAKINKAN KAMI DGN TEORI HOAX ANDA?????
    HEHEHE2013X

    BERARTI PENDAPAT CREASIONIS BAHWA :
    ....Kreasionis mengklaim bahwa metamorfosis sama sekali tak berkaitan dengan proses evolusi....

    ADALAH PERNYATAAN YG BENAR DAN ANDA MENGAKUINYA
    DGN ARTIKEL ANDA!!!!

    BERSYUKURLAH KL ANDA SUDAH SADAR !!!!
    HEHEHE2013X

    BalasHapus